Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

Anggota

•TEUKU AFRIZAL
12097802
•A.HERIA
12097803
•TUTI EULIS
12097804
•BUDI HARYONO
12097808
•MARGARET NOVRIA
12097809
•RIESTIANTI SEPTYA
12097860
•ADHYAKSO WILOSO.W
12097861
Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

PENGERTIAN DAN MANFAAT OLAHRAGA BERENANG


Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :
1. Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.
2. Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.
3. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).
4. Melatih pernafasan
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.
5. Membakar kalori lebih banyak
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.
6. Self safety
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).
7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.
Sebelum berenang, agar tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.
Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.
Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.

Dengan renang, manfaat olahraga tanpa harus kepanasan atau berkeringat bisa didapat. Tubuh bugar, hati pun bahagia. Olahraga Yang “Bersahabat”.
Berenang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan berenang seluruh tubuh bergerak, kelompok otot-otot besar akan digunakan seperti otot perut, otot lengan, pinggul, pantat dan paha.

Renang juga baik untuk mereka yang kelebihan berat badan, hamil, orang lanjut usia atau mereka yang menderita arthritis. Karena, ketika berenang seluruh berat badan ditahan air (mengapung); sehingga, sendi-sendi tubuh tak terlalu berat menopang badan. Dengan renang akan terlatih menggunakan pernapasan secara efisien.
Perkenalkan renang pada sejak awal pada anak-anak agar mereka menyukai karena sifatnya yang seperti “main air”.
Dengan renang, tubuh akan membakar sekurang-kurangnya 275 kalori/jam, setara dengan bersepeda dan jalan-cepat. Meski kalori yang terbakar tak sebanyak dengan lari atau tenis misalnya, karena renang itu menyenangkan, bisa-jadi akan dilakukan lebih lama, sehingga, kalori yang dibakar bisa lebih banyak.

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

UKURAN KOLAM RENANG

ukuran kolam renang standar nasional:
panjang : 50 m
lebar : 25 m
kedalaman : 2 m

ukuran kolam renang standar internasional:
panjang :50 m
lebar :25 m
kedalaman :3 m

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

SEJARAH RENANG

Renang telah dikenal sejak masa prasejarah. Lukisan dari Jaman Batu telah ditemukan di dalam “gua para perenang” dekat Wadi Sora (atau Sura) dibagian barat-daya Mesir. Referensi tulisan yang berasal dari 2000 tahun sebelum masehi, termasuk Gilgamesh, Iliad, dan Odyssey, Injil (Ezekiel 47:5, Perjanjian 27:42, Isaiah 25:11, Beowulf, dan hikayat lainnya). Pada tahun 1538 Nicolas Wynman, Profesor bahasa berkebangsaan Jerman, menulis buku renang pertama kali, “Colymbetes”. Kompetisi renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800, sebagian besar menggunakan gaya dada.

Gaya bebas, yang kemudian disebut the trudgen, diperkenalkan pada tahun 1973 oleh John Arthur Trudgen, menirunya dari Orang Amerika asli. Renang menjadi bagian dari pertandingan Olympiade modern yang pertama tahun 1896 di Atena. Pada tahun 1902 the trudgen diperbaharui oleh Richard Cavill, menggunakan sentakan mengibas. Pada tahun 1908, asosiasi renang sedunia, Federasi Renang Amatir International (FINA/ Federation Internationale de Natation de Amateur) dibentuk. Gaya kupu-kupu pertama kali merupakan variasi dari gaya dada, sampai akhirnya ia diterima sebagai gaya yang terpisah pada tahun 1952

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

TUJUAN BERENANG


Tujuan renang yang paling umum adalah sebagai rekreasi. Renang rekreasi dianggap oleh banyak orang sebagai cara melegakan diri se
rta senaman penuh badan yang baik. Banyak gaya renang adalah sesuai untuk renang rekreasi; kebanyakan perenang rekreasi lebih menyukai gaya yang mengekalkan kepala mereka di atas permukaan air, dengan pemulihan lengan di bawah air. Gaya dada, gaya sisi, dan ‘gaya anjing mengayuh’ merupakan gaya yang paling biasa digunakan dalam renang rekreasi, tetapi pemulihan lengan di luar air dalam gaya bebas atau gaya rama-rama membekalkan kelebihan yang diberikan oleh perbezaan rintangan antara udara dengan air.
Gaya rama-rama yang terdiri daripada pemulihan di luar air, dengan simetri pergerakan badan yang sama rata, adalah paling sesuai untuk renang di dalam air yang bergelora. Umpamanya, dalam suatu contoh renang ketahanan yang mencipta rekod, Vicki Keith menyeberangi Tasik Ontario yang bergelora dengan menggunakan gaya rama-rama. Kebanyakan renang rekreasi diadakan di dalam kolam-kolam renang yang tenang airnya. Oleh itu, gaya bebas yang tidak begitu berkesan di dalam air bergelora adalah sesuai. Selain daripada kolam renang, tempat-tempat untuk renang rekreasi termasuk pantai, tasik, lubang renang, sungai, anak sungai kecil, dan kekadangnya terusan.

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

Renang Gaya Bebas

Renang ini merupakan gaya untuk pemula yang akan belajar berenang

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

Renang Gaya Punggung

gaya ini untuk perenang tingkat atas, artinya sudah mahir dalam mempertahankan tubuh diatas air dengan cara membalikan badan.

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

Renang Gaya Kupu Kupu

Gaya ini adalah gaya seperti kupu-kupu
Gerakannya mengepakkan kedua tangan bagai kupu-kupu terbang
Bisanya gaya ini digunakan untuk renang cabang putri

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

Renang Gaya Dada

Gaya dada adalah gaya yang cukup simple. Tetapi cukup sulit bagi pemula.
gaya ini sering digunakan oleh perenang putra.

Oleh: dbest7 | Desember 7, 2009

PRSI (PERSATUAN RENANG SELURUH INDONESIA)



Didirikan tanggal 21 Maret 1951
Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta 10270, Indonesia
Tel : (+62-21) 2510514
Fax: (+62-21) 2510514
Email.: indoswimfed@gmail.com
Website: http://www.indoswim.org

Kegiatan Cabang Renang
SEA GAMES XXIV
Lokasi: Nakhon Ratchasima, Thailand
Pelaksanaan: 07 Desember – 11 Desember 2007
Nomor Pertandingan yang ada: 32 Nomor
Nomor Pertandingan yang diikuti: 27 Nomor
Hasil: 5 Perak dan 2 Perunggu yang diperoleh dari nomor berikut:
Perak: 200 M Gaya Kupu‐ Kupu Putra oleh Doni B. Utomo (rekor nasional dan Sea Games)
400 M Gaya Ganti Putra oleh M. Akbar Nasution
200 M Gaya Dada Putra oleh Billy Arfianto
100 M Gaya Punggung Putra oleh Glen Victor
4 X 100 M Gaya Ganti Estafet Putra oleh Andy Wibowo, Glen Victor, Herry Yudianto dan Richard Sam Bera (rekor nasional)
Perunggu: 100 M Gaya Kupu‐kupu putra oleh Andy Wibowo (rekor nasional)
200 M Gaya Ganti Putra oleh M. Akbar Nasution
Perolehan medali yang dicapai pada SEA Games ini merupakan penurunan dibandingkan pada SEA Games yang lalu dan gagal memenuhi target 3 emas yang dibebankan oleh pihak Satgas. Walaupun gagal mencapai target yang ditentukan, namun hasil pencapaian dari perenang‐perenang Indonesia secara umum dapat dikatakan menunjukan perbaikan. Tim ini berhasil memecahkan 3 rekor nasional, 1 rekor Sea Games dan 12 perbaikan personal best time.
Analisa performance individual setiap atlit pada nomor yang diikuti :
Analisa dilakukan bedasarkan nomor perorangan yang diikuti setiap atlit. Hal ini disebabkan karena pada nomor estafet kecuali apabila perenang tersebut menjadi perenang pertama, ada factor start yang secara dapat mempercepat waktu yang dicapai atlet.
Estimasi waktu terbaik yang dapat dicapai Sea Games mendatang dilakukan bedasarkan personal best time yang pernah mereka. Estimasi ini bedasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat.
Untuk perenang usia dibawah 20 thn: Waktu yang dapat di perbaiki 2 % per tahun
Untuk perenang usia diatas 20 thn: Waktu yang dapat diperbaiki 1% per tahun

Older Posts »

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.